Selasa, 01 Mei 2012

BUDAYA SEBAGAI WARISAN YANG SANGAT PENTING


BUDAYA SEBAGAI WARISAN YANG SANGAT PENTING
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks yang didalamnya meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, adapt istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang mempelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Adat istiadat maupun warisan budaya di Indonesia sangat lah banyak dapat di lihat dari berbagai aspek yang ada dan berbagai macam suku yang ada di Indonesia . Banyak nya suku dan adat istiadat di Indonesia pada era sekarang sudah mulai berkurang karena masuk nya budaya asing di kalangan masyarakat yang sangat pesat perkembngannya dari pada budaya kita sendiri.

1.2  TUJUAN
Adapun isi atau tujuan dari tulisan  tugas softskill adalah agar para pembaca dapat lebih memehami dan mengerti penting nya budaya.  Dengan memahami dan membaca makalah ini di harapkan para pembaca dapat membantu melestarikan budaya Indonesia dengan baik.

BAB II
ISI
    Sesuai dengan apa yang saya jelaskan dilatar belakang, sayang ingin memberikan info dari kebudayaan saya sendiri yaitu wayang golek, yang berasal dari jawa barat. Wayang Golek adalah suatu seni pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, yang terutama sangat populer di wilayah tanah pasundan. Biasanya acara wayang digelar pada saat acara-acara adat.  Biasanya acara wayang golek ini dipimpin oleh seorang dalang dan diiringi dengan musik-musik gamelan khas sunda. Setiap iringan musik selalu ada sinden yang selalu menyayikan lagu-lagu daerah sunda. Dalam pertunjukan wayang golek, lakon yang biasa dipertunjukan adalah lakon carangan. Hanya kadang-kadang saja dipertunjukan lakon galur. Hal ini seakan menjadi ukuran kepandaian para dalang menciptakan lakon carangan yang bagus dan menarik. Wayang golek saat ini lebih dominan sebagai seni pertunjukan rakyat, yang memiliki fungsi yang relevan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat lingkungannya, baik kebutuhan spiritual maupun material. Hal demikian dapat kita lihat dari beberapa kegiatan di masyarakat misalnya ketika ada perayaan, baik hajatan (pesta kenduri) dalam rangka khitanan, pernikahan dan lain-lain adakalanya diriingi dengan pertunjukan wayang golek. Namun saat ini sudah mulai jarang pertunjukan ini digelar diakarenakan sudah mulai pudar seni kebudaan wayang golek ini karena kurang adanya penerus yang melestarikan seni kebudayaan wayang golek  ini. Jadi sebagai warga negara Indonesia harusnya wajib melestarikan seni kebudayaan wayang golek ini, agar tdak direbut oleh negara lain.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
melestarikan budaya masing-masing yang ada di Indonesia itu wajib, dan sebagai masyarakat indonesia itu wajib juga menjaga kebudyaan masing-masing, agar tidak diakui oleh negara lain. Sebaiknya kita cintai budaya kita masing-masing, seperti orang asing mencintai budaya kita. Karena ada banyak negara-negara asing yang sedang mempelajari buya kita.
3.2  Saran
Lestarikan lah warisan kebudayaan di Indonesia , jaga apa yang telah menjadi kebudayaan kita sendiri dan kita harus bangga menjadi warga indonesia karena memiliki bermacam-macam budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar